Ketika Komandan Muslim Mencapai Pintu Gerbang Cina

 Ketika Komandan Muslim Mencapai Pintu Gerbang Cina

Turkistan Timur yang diduduki (Xinjiang- Cina barat) telah mengalami penindasan terus-menerus oleh rezim China. Semua hal tentang Islam dikriminalisasi, mulai dari pelarangan jilbab, jenggot, hingga sholat. Pria Muslim dikumpulkan di kamp-kamp konsentrasi massal, wanita Muslim dipaksa untuk menikahi pria China, organ-organ tubuh mereka dipanen secara paksa, dan masjid-masjid bersejarah mereka dihancurkan total. Begitulah situasi ummat ketika kita dibiarkan tanpa perisai Khilafah, seperti yang dijelaskan oleh Rassulullah (صلى اللله عليه وسلم). Saat perisai itu ada, kita ingat ketakutan yang ditanamkan umat Islam kepada para penguasa China. Tarikh at-Thabari menceritakan saat umat Islam pergi ke China.

Komandan Muslim Qutaybah bin Muslim Al-Bahilee membuka Turkistan – bagian Barat Asia Tengah dan membuka dua kota besarnya, Samarkand dan Bukhara, pada tahun 94 H, dan kemudian ia berbalik ke arah timur sampai mencapai Kashgar, yang pada masa itu adalah ibu kota Turkistan Timur, yang sekarang disebut oleh China sebagai Xinjiang, dan dia menyelesaikan penaklukannya pada tahun 95 H. Dia kemudian berhenti di gerbang China. Dari sinilah kita mengambil kisah ‘Sejarah al-Tabari’

“Qutaybah menembus wilayah itu hingga jauh, sampai mendekati China. Raja China menulis kepada Qutaybah, ‘kirimkan kepada kami salah satu bangsawan yang bersamamu, agar dia dapat memberi tahu kami tentang kamu dan kami dapat bertanya kepadanya tentang agamamu.’ Qutaybah memilih dua belas orang dari pasukannya dari berbagai macam suku, orang-orang tampan, gagah, fasih berbahasa, dan pemberani, setelah dia bertanya tentang mereka dan menemukan mereka sebagai orang-orang yang terbaik dan paling bijaksana.” Al-tabari terus menggambarkan bagaimana Qutaybah kemudian “memerintahkan agar mereka dilengkapi dengan senjata, membawa sutra halus, berpakaian dengan bordir, berwarna putih lembut, memakai sandal, dan parfum.” Qutaybah kemudian memberi mereka kuda-kuda yang bagus sebagai kendaraan.

Salah seorang delegasi, Hubayrah al-Kilabi, ditanya oleh Qutaybah, “Wahai Hubayrah, bagaimana kabarmu?” Hubayrah menjawab bahwa ia akan melakukan apa yang Qutaybah inginkan. Qutaybah kemudian memerintahkan “Pergilah dengan berkah Tuhan; melalui Allah raihlah kesuksesan. Jangan lepaskan sorbanmu sampai engkau mencapai negara para Raja itu. Ketika kamu masuk ke dalam hadiratnya, beritahukan kepadanya bahwa Aku telah bersumpah bahwa Aku tidak akan pergi sampai Aku menginjak tanah mereka, mengambil tawanan dari leher raja-raja mereka, dan memungut pajak atas mereka.”

“Ketika mereka tiba, raja memanggil mereka. Mereka mandi dan muncul memakai pakaian putih dengan tunik di bawahnya, mengoleskan parfum, mengenakan sandal dan pakaian luar yang halus dan masuk di tempat dimana raja telah hadir; bersamanya terdapat para pejabat tinggi kerajaan. Mereka duduk, baik raja maupun orang-orang yang bersamanya tidak berbicara kepada mereka, orang-orang Muslim kemudian berdiri dan pergi. Raja berkata kepada mereka yang hadir bersamanya, ‘apa yang kamu piker tentang orang-orang ini?’ Mereka berkata, ‘kami kira mereka tidak lain adalah wanita …

“Pada hari berikutnya raja mengutus untuk mereka, dan mereka mengenakan pakaian dengan sorban yang bagus, dan matarif dan menemuinya di pagi hari. Ketika mereka masuk ke hadirat raja, mereka diperintahkan untuk ‘kembali.’ Raja kemudian bertanya kepada para pejabatnya, ‘apa pendapatmu tentang pakaian ini?’ Mereka berkata, ‘pakaian ini lebih seperti pakaian pria daripada yang pertama. Mereka memang laki-laki.’

“Pada hari ketiga raja mengirim untuk mereka, dan mereka mengikat senjata mereka, mengenakan zirah (penutup kepala untuk perang), mengikat pedang, mengambil tombak, memikul busur, menaiki kuda-kuda, dan datang kepadanya di pagi hari. Ketika raja China berbalik menghadap mereka, dia melihat apa yang tampak seperti gunung yang bergerak. Mereka menurunkan tombak mereka ke tanah saat mereka mendekatinya. Mereka memasukkan pakaian mereka saat mereka bergerak lebih dekat ke raja dan menteri-menterinya. Sebelum mereka sempat masuk, mereka disuruh kembali karena rasa takut yang telah merasuki hati raja dan para pejabatnya.

Saat mereka pergi, mereka menaiki kuda-kuda mereka, mengangkat tombak mereka, dan mendorong kuda-kuda itu maju seolah-olah mereka sedang berkejaran satu sama lain. Apa pendapat Anda tentang mereka? raja bertanya kepada para pejabatnya. Kami belum pernah melihat yang seperti ini, kata mereka. “Kirimkan aku pemimpinmu, yang paling pantas untukmu sebagai seorang pria,” raja memerintahkan mereka malam itu. Hubayrah dikirim untuk menemuinya. “Anda telah melihat kekuatan kekuasaan saya dan tidak ada yang bisa melindungi Anda dari saya saat Anda berada di negara saya,” kata raja kepada Hubayrah ketika dia tiba. Anda berada di telapak tangan saya seperti telur. Saya akan mengajukan pertanyaan kepada Anda, dan jika Anda tidak menjawabnya dengan jujur, saya akan membunuh Anda. “Bertanyalah,” kata Hubayrah. “Mengapa Anda melakukan apa yang kamu lakukan dengan pakaianmu pada hari pertama, kedua, dan ketiga?” tanya raja. Adapun hari pertama, itulah yang kami pakai di antara keluarga kami, dan hari kedua, itulah yang kami kenakan saat mengunjungi para pemimpin kami, balas Hubayrah. Ketika kami diprovokasi, kami berpakaian seperti itu pada hari ketiga untuk musuh kami.
Pakaian tersebut ternyata merupakan representasi dari tiga pilihan yang ditawarkan kepada masyarakat di wilayah yang ingin ditaklukkan umat Islam, yaitu: 1. Masuk Islam dan menjadi anggota keluarga kami. 2. Membayar jizyah dan setuju untuk hidup di bawah pemerintahan Islam. 3. Perang.

Hubayrah kemudian diperintahkan oleh raja untuk “Pergilah kepada tuanmu dan suruh dia untuk pergi, karena aku tahu keserakahan/keinginan yang berlebihan dan jumlah temannya yang sedikit; jika tidak, aku akan mengirimkan kepadamu seseorang yang akan menghancurkan kamu dan dia.” Kemudian Hubayrah bertanya, “Bagaimana seseorang dikatakan memiliki sejumlah kecil teman ketika pasukan pasukan kavaleri yang paling depan ada di tanahmu dan pasukan yang terakhir ada di tempat di mana pohon zaitun tumbuh?” Bagaimana seseorang yang melakukan kampanye militer melawan Anda dituduh serakah atau punya keinginan yang berlebihan ketika dia telah meninggalkan dunia di belakangnya yang ada di bawah kendalinya? Mengenai upaya Anda untuk menakut-nakuti kami dengan mengancam akan membunuh kami, Kami masing-masing memiliki beberapa tahun tersisa dalam hidup kami, dan cara yang paling terhormat untuk pergi adalah dibunuh. Kami tidak membenci atau takut akan hal itu. “Lalu apa yang akan memuaskan tuanmu (Qutaybah),?” raja bertanya. “Dia telah bersumpah bahwa dia tidak akan pergi sampai dia memasuki negaramu, menangkap raja-rajamu, dan mengenakan pajak,” balas Hubayrah.

Setelah itu, Raja berkata, “Kami akan membebaskan dia dari sumpahnya. Kami akan mengirimkan kepadanya tanah dari tanah milik kami sehingga dia dapat berjalan di atasnya, beberapa putra kami sehingga dia dapat mengikat leher mereka, dan mengenakan pajak sehingga dia akan senang dengan itu. Perawi kisah itu melanjutkan dengan menyatakan bahwa raja meminta beberapa piring emas dengan tanah di atasnya. Dia kemudian mengirimkan sutra, emas, dan empat pemuda dari putra raja mereka. Dia memberi mereka izin untuk pergi dan memberi mereka hadiah, dan mereka pergi dan sampai kepada Qutaybah dengan membawa barang-barang yang dikirimkan oleh raja. Qutaybah membayar pajak, mengikat leher putra-putra raja dan mengembalikannya, lalu berjalan di atas tanah.

Saat ini, rezim China tahu bahwa komandan Khilafah Rasyidah yang ke-2 tidak akan menerima tawaran seperti itu, terutama mengingat bahwa mereka telah mengobarkan perang genosida terhadap Muslim Turkestan Timur.

Sumber:

When the Muslim Commander Reached the Gates of China

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *