Forum Doktor Muslim: Ribuan Hakim Pengadilan Mogok Kerja, Ironis!

 Forum Doktor Muslim: Ribuan Hakim Pengadilan Mogok Kerja, Ironis!

Mediaumat.info – Rencana ribuan hakim di pengadilan seluruh Indonesia disebut akan mogok kerja dengan melakukan cuti bersama mulai 7 hingga 11 Oktober 2024 atau selama lima hari sebagai bentuk protes hakim atas sikap pemerintah yang belum memprioritaskan kesejahteraan hakim, dinilai ironis.

“Ironis memang, di negeri yang konon katanya kaya raya, namun para aparat penegak hukum atau profesi lainnya sering mengeluh soal kesejahteraan mereka yang tak kunjung membaik, seiring kebutuhan ekonomi yang kian berat,” ujar Ketua Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDMPB) Dr. Ahmad Sastra kepada media-umat.info, Rabu (2/10/2024).

Menurut Ahmad, bukan hanya hakim yang mengeluh, namun guru dan dosen juga sering mengeluh karena minimnya gaji atau tak adanya kenaikan gaji. Termasuk para karyawan swasta yang juga sering melakukan aksi protes karena persoalan gaji yang tak mencukupi kebutuhan hidup normal.

Ahmad menegaskan, lebih ironi lagi adalah ketika hukum dirasakan tidak adil oleh kebanyakan rakyat, tapi aparat penegak hukum justru sering tidak memberikan rasa keadilan bagi rakyat kebanyakan. Rakyat seringkali merasakan bahwa hukum di negeri ini tak adil, karena tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

“Jika yang salah rakyat miskin, maka hukumannya begitu cepat dan berat, sementara jika yang salah orang kaya atau pejabat, hukumannya begitu ringan. Padahal hakim adalah aparat penegak keadilan yang kedudukannya begitu tinggi dan mulia jika mampu memberikan rasa keadilan,” jelasnya.

Namun Ahmad menyayangkan, alih-alih keadilan yang akan dirasakan rakyat, bahkan kini para hakim pun akan mogok karena gaji yang rendah. Padahal gaji yang rendah ini bisa berpotensi menjadikan hakim melakukan tindak korupsi.

“Maka, tak heran jika di negeri ini aparat penegak hukum sering terlibat suap-menyuap dengan orang yang berperkara, sehingga hukum justru melahirkan ketidakadilan,” pungkas Ahmad. [] Agung Sumartono

Dapatkan update berita terbaru melalui channel Whatsapp Mediaumat

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *