Sekjen PDIP Sebut Demokrasi Miliki Kelemahan, Pengamat: Setuju!

 Sekjen PDIP Sebut Demokrasi Miliki Kelemahan, Pengamat: Setuju!

Mediaumat.info – Pengamat Sosial Hanif Kristianto setuju dengan pernyataan Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut sistem demokrasi liberal yang diterapkan di Indonesia saat ini memungkinkan setiap orang mempunyai kelemahan, sehingga setiap politisi saling mengunci kelemahan masing-masing.

“Saya setuju dengan Pak Hasto Kristiyanto, bahwa demokrasi memang liberal karena berdasarkan sekulerisme dan ditopang oleh liberal,” ujarnya dalam Kabar Petang: Jalan Gelap (Eksploitasi) Demokrasi? di kanal YouTube Khilafah News, Selasa (26/3/2024).

Terkait politik dalam demokrasi, Hanif memberikan tiga catatan. Pertama, politik demokrasi tidak bisa memuaskan publik.

Kedua, politik demokrasi memberikan sebuah cacat moril secara politik. Menurut Hanif, dalam politik demokrasi kekuasaan itu sangat mudah diselewengkan, mudah melanggar konstitusi dan dengan mudah melanjutkan kepemimpinan yang dianggap oleh publik itu tidak sah.

Ketiga, demokrasi akan menemukan ajalnya ketika kecurangan itu dimulai tidak hanya saat pemilu saja, tapi juga sebelum dan sesudah pemilu.

“Dan tentu kita sebagai publik dan juga rakyat Indonesia patut memberikan sebuah catatan merah terkait dengan pelaksanaan politik demokrasi,” pungkas Hanif. [] Agung Sumartono

Dapatkan update berita terbaru melalui channel Whatsapp Mediaumat

 

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *