Pengamat Ungkap Basis Pertimbangan AS Minta Bantuan ke Cina Atasi Konflik Laut Merah

 Pengamat Ungkap Basis Pertimbangan AS Minta Bantuan ke Cina Atasi Konflik Laut Merah

Mediaumat.info – Pengamat Hubungan Internasional Hasbi Aswar, Ph.D. menilai basis pertimbangan Amerika Serikat (AS) meminta bantuan ke Cina untuk mengatasi konflik Laut Merah yang kian membara tersebut hanya demi kepentingan politik dan ekonomi kedua negara.

“Basis dari pertimbangan kedua negara adalah untuk kepentingan politik dan ekonomi mereka saja, bukan yang lain,” ungkapnya kepada media-umat.info, Kamis (1/1/2024).

Selain itu, Hasbi memandang bahwa AS tidak mau sendirian mengeluarkan ongkos untuk mengamankan Laut Merah, sebab Cina juga memiliki kepentingan besar di wilayah tersebut.

“Selain menggunakan tangan Cina untuk menekan Iran untuk selanjutnya menekan Houthi, saya kira juga karena AS tidak mau sendirian mengeluarkan ongkos untuk mengamankan Laut Merah sementara Cina yang juga punya kepentingan besar di jalur laut ini tenang-tenang saja tanpa berkontribusi,” jelasnya.

Namun, lanjut Hasbi, Cina terlihat memilih untuk mengambil langkah terbatas dalam kasus Laut Merah tersebut. Bahkan cenderung terkesan menyalahkan AS dan Zionis Yahudi, yang dianggap oleh Cina menyulut meluasnya konflik gara-gara invasi di Gaza yang tidak kunjung berhenti.

“Dapat dipahami sikap Cina seperti itu karena negara ini sedang berupaya menjaga hubungan dengan negara-negara Timur Tengah. Sikap ini juga sejalan dengan sikap Cina dalam Perang Gaza yang juga kecenderungannya menyalahkan Israel dan memihak kepada warga Palestina,” pungkasnya. [] Ade Sunandar

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *