IJM: Penggusuran Warga Pulau Rempang adalah Kezaliman

 IJM: Penggusuran Warga Pulau Rempang adalah Kezaliman

Mediaumat.id – Penggusuran terhadap warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau hingga menimbulkan konflik dinilai oleh Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana adalah sebuah kezaliman.

“Jelas zalim atas penggusuran warga Pulau Rempang apalagi sampai menimbulkan konflik di sana. Padahal warga hanya ingin mempertahankan tanah dan rumah mereka,” ujarnya dalam video Sahabat UAS Dipanggil Polisi, Langgar Hukum? di kanal YouTube Justice Monitor, Selasa (19/9/2023).

Agung mengingatkan, kezaliman adalah dosa besar dan merupakan musuh agama dan umat, bahkan Allah SWT telah mengharamkan kezaliman bagi dirinya karena itu Allah pun mengharamkan kezaliman pemerintah kepada rakyatnya.

“Kezaliman itu sesuatu yang sangat tidak diperbolehkan dalam Islam. Ingat Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa seorang Muslim itu adalah saudara Muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menyakitinya,” imbuhnya sembari mengutip sebuah hadits.

Ia menyampaikan pesan dari Nabi Allah Muhammad SAW dalam hadits ini bahwa seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain, ia tidak boleh menzalimi, menelantarkannya, dan menghinakannya.

“Dalam hadits ini juga mengingatkan kaum Muslim akan besarnya bahaya dari kezaliman yang kelak akan dihadapi pelakunya pada hari kiamat. Ini ungkapan, pesan sekaligus peringatan dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW,” urainya.

Menurutnya, kasus Rempang hanyalah satu dari aneka problem krusial kepemilikan tanah rakyat di Indonesia.

Ia berharap, pemerintah jangan sampai menjadi buldoser ganas untuk melayani kepentingan oligarki.

“Pemerintas justru harus melayani rakyat dengan baik dan halus. Hentikan praktik ketidakadilan! Semangat teman-teman! Tetap berpikir waras, bersatu dobrak perubahan,” tutupnya.[] Erlina

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *