Al-Irsyad Jabar Berharap Pembangunan Patung Soekarno Dibatalkan

 Al-Irsyad Jabar Berharap Pembangunan Patung Soekarno Dibatalkan

Mediaumat.id – Keluarga besar Pimpinan Wilayah Al-Irsyad Al-Islamiyah Provinsi Jawa Barat (PW Al-Irsyad Jabar) sangat berharap Pembangunan patung raksasa Soekarno yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dibatalkan.

“Kami sangat keberatan dengan pembangunan patung Ir. Soekarno di Jawa Barat, dan kami sangat berharap proyek tersebut dibatalkan dan tidak dilanjutkan,” ujarnya dalam pernyataan sikap Al-Irsyad Jabar tertanda tangan Said Saleh Baumar (Ketua) dan Rifqi Basyarahil (Sekretaris) yang diterima Mediaumat.id, Selasa (22/8/2023).

PW Al-Irsyad Jabar menilai, untuk menghormati sosok proklamator tersebut bukan dengan membuat patungnya, tapi dengan cara lebih baik, bermartabat dan bermanfaat. Ditambah lagi proses perencanaan tidak dilakukan dengan baik dan matang, serta tidak melibatkan jajaran terkait seperti Pemprov, DPRD dan masyarakat.

Al-Irsyad Jabar juga melihat, patung Soekarno tersebut bukan menjadi kebanggaan, tapi malah menjadi keprihatinan. Sebab patung tersebut dibangun dengan menghabiskan dana besar, bukan menjadi prioritas serta bukan untuk kepentingan masyarakat. Apalagi saat ini masyarakat belum pulih dari himpitan ekonomi akibat pandemi.

Dan dalam perspektif keagamaan, PW Al-Irsyad Jabar khawatir akan menimbulkan kultus individu. Bahkan yang lebih jauh akan cenderung ke arah pemberhalaan.

Terakhir, Al-Irsyad Jabar menyayangkan pembuatan patung ini kental dengan nuansa politis dan bagian dari transaksi politik.[] Agung Sumartono

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *