Empat Poin Penting agar Istiqamah dalam Berhijrah

 Empat Poin Penting agar Istiqamah dalam Berhijrah

Mediaumat.id  – Pemerhati Anak dan Keluarga Ummu Raisa menyatakan setidaknya ada empat poin penting agar istiqamah dalam berhijrah.

“Ada empat poin penting agar istiqomah dalam berhijrah,” ungkapnya dalam Kajian Muslimah: Istiqamah Lillah di Jalan Hijrah, Ahad, (30/7/2023) di Depok.

Pertama, harus menetapkan visi hijrah yang benar atas dasar dorongan keimanan. Kedua, berilmu dan beramal dengan mendatangi kajian-kajian. Ketiga, mencari komunitas atau lingkungan untuk saling mengingatkan.

“Dan yang keempat, butuh peran sistem yang meliputi aturan dan penerapannya,” jelasnya di hadapan sekitar 104 peserta.

Hijrah Kaffah

Dalam acara tersebut, ia pun menegaskan kalau mau berhijrah harus secara kaffah. Berhijrah secara kaffah adalah semua elemen dari mulai individu dengan ketakwaan yang kokoh, masyarakat yang peduli terhadap sekitar dan melakukan amar makruf nahi mungkar, dan juga negara yang menerapkan aturan Islam secara kaffah.

“Sebagaimana mencontoh hijrahnya Rasulullah SAW bukan sekadar perubahan individu, melainkan mengubah tatanan kehidupan masyarakat yang penuh kemaksiatan menjadi masyarakat yang takwa,” jelasnya.

Juga, beber Ummu Raisa, hijrahnya Rasulullah ke Madinah merealisasikan penerapan syariat Allah dalam bingkai pemerintahan yang dipimpin oleh Rasulullah SAW.[] Ayyuhanna Widowati

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *