Esensi Ibadah Kurban, Pengorbanan agar Syariat Islam Dapat Dilaksanakan

 Esensi Ibadah Kurban, Pengorbanan agar Syariat Islam Dapat Dilaksanakan

Mediaumat.id – Pengasuh Majelis Baitul Qur’an Ta’lim Center Ustadz Luthfi Hidayat menyatakan, esensi dari pelaksanaan ibadah kurban adalah pengorbanan agar syariat Islam dapat dilaksanakan secara sempurna dalam kehidupan.

“Oleh sebab itu, seharusnya pemahaman yang diberikan adalah pengorbanan bagaimana agar terealisasinya atau terlaksananya syariat Islam secara sempurna dalam kehidupan,” ujarnya melalui program Kabar Petang: Ibrahim dan Ismail as, Teladan dalam Ketaatan Tanpa Keraguan, Jumat (23/6/2023) di kanal YouTube Khilafah News.

Karena menurutnya, sesungguhnya itulah yang menjadi keridhaan Allah SWT.

Ia menjelaskan, persoalan yang ada sekarang adalah pemahaman kaum Muslim menjadi sekuler, memisahkan berbagai aturan kehidupan keseharian dengan peraturan Islam.

“Yang hanya ingat Allah SWT dan Rasul-Nya ketika di masjid dan ketika ibadah haji, tetapi dalam persoalan-persoalan pergaulan, ekonomi dan lain sebagainya lebih memilih menggunakan aturan-aturan selain Allah,” jelasnya.

Ia menegaskan, seharusnya pengorbanan pada kondisi saat ini adalah terutama pengorbanan untuk kemuliaan agamanya dalam bentuk ketaatan total kepada Allah SWT.

Sebagai bukti keimanan, ia pun mengutip surah an-Nisa ayat 65.

“Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya,” kutipnya memungkasi.[] Muhar

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *