Pengamat: Rusia akan Ambruk Jika Nekat Menyerang NATO

 Pengamat: Rusia akan Ambruk Jika Nekat Menyerang NATO

Mediaumat.id – Pengamat Hubungan Internasional Hasbi Aswar, Ph.D. menilai, Rusia akan ambruk jika nekat menyerang negara-negara NATO.

“Kalau Rusia nekat melakukan itu, saya kira Rusia bisa ambruk, karena pasti akan dikepung sama NATO,” ungkapnya menyikapi pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang berencana menyerang negara-negara NATO karena dukungan NATO kepada Ukraina yang saat ini berperang melawan Rusia, dalam acara Kabar Petang: NATO vs Rusia, Senin (19/6/2023) di kanal YouTube Khilafah News.

Selain akan dikepung oleh negara-negara NATO, kekuatan militer Rusia saat ini semakin tergerus, banyak tank yang berhancuran, masyarakatnya juga banyak yang berlarian dan tidak mau ikut wajib militer.

Meskipun begitu, ada ketakutan-ketakutan Barat terhadap Rusia yang merupakan negara terkuat kedua setelah AS secara militer. NATO berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Rusia tidak mengancam kepentingan Barat. Salah satu caranya menurut Hasbi adalah dengan mengajak Ukraina menjadi bagian dari NATO. Karena itu, Ukraina menjadi pion penting bagi NATO.

“Rusia betul-betul akan mati-matian, jangan sampai jatuh ke tangan musuh,” ungkapnya.

Di balik pertarungan Rusia dan NATO yang semakin memanas, Hasbi memandang, dunia Islam sama sekali tidak memiliki kekuatan apa-apa, mereka justru bergantung pada negara-negara besar yang sedang berkonflik. Pendekatan mereka adalah pendekatan pragmatis.

“Kenapa pragmatis? Karena loyalitas negeri Islam kan bukan kepada Islam, tapi kepada nasionalisme, sekularisme, liberalisme, dan isme-isme yang lain,” ungkapnya.

Padahal, lanjut Hasbi, dulu di masa-masa kekuatan Islam, dunia Islam bukan hanya bersuara tapi melakukan aksi-aksi yang nyata.[] Ade Sunandar

Share artikel ini:

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *